Mohon Perhatian!

Dikarenakan terjadi beberapa kesahalan code, silahkan setelah membuka read more article dan keluar kotak komentar lakukan stop load (tanda silang di browser samping refresh).
Saya mohon maaf atas ketidak nyamanan kawan kawan blogger yang mampir kesini.
Terimakasih

2 April 2009

Edit foto ala cloning trik jadul


2 April 2009

Grup_cloningWohahaha... halo halo aku adalah amuba yang bisa membelah diri menjadi dua. Nah lho kok malah posting ginian seeh? Hoho kawan jangan kecewa Anime7Graphic mau ngasih trik edit foto (baca Photo edit). Lama nggak posting kepikiran buat posting trik edit foto cloning, dulu sempat kepikiran siih tapi nggak sempat di posting, hehe... penasaran?


Langsung saja ya...
Untuk membuat edit foto seperti ini yang di butuhkan adalah:
Pertama:
Kamera Digital semi SLR (di anjurkan), kalo nggak punya minimal pake kamera Digital pocket yang punya resolusi minimal 300dpi atau sekitar 2000px.
Nih contoh kamera SLR digital dan kamera pocket digital (kalo yang belum tau, hehe...).

"Ini yang SLR"
Nikon D40X2
"Ini yang Pocket Digital"
canon-ixus

Catatan:
Kawan juga bisa menggunakan kamera HP dengan spesifikasi lensa yang sudah di atas 1Mega pixel tapi bukan HP yang tipe kameranya masih VGA.
Eiits tapi ada resikonya, apa? kegagalan hasil foto bisa banyak terjadi jika pakai kamera HP, karena HP tidak bisa memakai tripod, lho kan bisa di simpan di benda benda apa gitu buat ngeganjal nya, iya memang tapi kamera HP tidak memilki sistem ISO seperti pada kamera pocket digital atu SLR digital, ISO sendiri berfungsi mengatur intensitas cahaya yang masuk, jikalau ada itu tidak akan maksimal dan akan menyebabkan foto jadi bintik bintik (istilahnya Grain).


OK sudah ada gambaran kan?
Siip, kita lanjut ke pembahasan berikutnya...
Kedua:
Untuk mengedit foto seperti contoh di atas pastinya kita membutuhkan software editing foto, di sini saya biasa menggunakan Adobe Photoshop tentunya.

Ketiga:
Teknis pengambilan foto, di sini Anime7Graphic menyarankan kawan untuk menggunakan tripod (kaki penyangga kamera) kenapa? supaya kameranya nggak gerak gerak atau goyang goyang, nah kalau gerak atau goyang nanti gambar yang di hasilkan nggak bakal sempurna alias ngeBluuur.

Alasan kedua adalah, karena untuk trik edit foto ini menggunakan teknik cloning dan penggabungan jadi nanti pada prakteknya kita akan mengambil dari satu sudut pandang dan di satu tempat.
Bagaimana sampai di sini sudah faham?

Baiklah kalau sudah faham lanjut ke langkah berikutnnya...
Keempat:
Ini adalah contoh skema posisi objek dan posisi kamera saat pemotretan (weeh kayak foto model aja ya?), saya mengambil contoh foto yang berjudul 5 sekawan (lihat detail di bawah).
skema_jepret.gif

Kelima:
Maka foto yang di hasilkan akan seperti ini (misalnya), lihat gambar!
sample_foto

Keenam:
Selanjutnya proses penggabungan, apa yang harus di lakukan? mudah mudah saja kok...
Bener lho masa nggak percaya? Masih nggak percaya? Nah ini buktinya, lanjuuuut...
Trik edit foto nya adalah:
  • Masukan semua foto yang telah di jepret ke dalam Photoshop tentunya.
  • Pilih salah satu foto yang memilki ruang kosong (misalnya foto yang posisinya di tengah dengan space kiri kanan yang cukup celah untuk di timpah foto lain).
  • Ambil beberapa foto yang lain, potong atau buang bagian tertentu dari objek yang penting pentingnya saja (misalkan objek foto orang, nah yang di ambil cuma orangya aja nggak sama background atau objek lain di sekitarnya) dengan menggunakan lasso tool, erase tool atau magic wand tool (di left toolbar)
  • Selanjutnya gunakan brightness / contras balance untuk meratakan intensitas cahayanya (cari di toolbar atas image > Adjusment > brightness / contras)
  • Tahap akhir adalah color tone atau color balancing untuk menyamarkan intesnitas dan perbedaan warna bada tiap potongan foto tadi (bisa menggunakan hue saturation, selective color atau foto filter (di anjurkan))
  • Sampai sini beres deh edit foto ala cloning trik jadul nya (judulnya ngarang niih)
  • Masih penasaran juga? Ya udah saya kasih source sample psd nya aja nih di sini silahkan (download sample)
Gambar di bawah ini adalah contoh detail gambar di header posting atas tadi, mau lihat lebih detail lagi contoh hasil Edit foto ala cloning trik jadul? klik aja gambarnya untuk memperbesar preview (via ThickBox JavaModule Gallery).

5 sekawan...
clone foto edit 1
Triple Date...
clone foto edit 2

Good Boy Badminton...
clone foto edit 3
Trio Maaung...
clone foto edit 4

Lonely Night...
clone foto edit 5
Idem 1...
clone foto edit 1
Eiits, Jangan bengong donk yuuk ngomen postingannya....

 

About

Foto saya
Seorang pemuda Indonesia biasa yang terlanjur berkecimpung di dunia digital seperti Web Designer freelance, Digital Imaging Design, Menulis artikel di Blog www.medialiterasi.co.cc, moderator di www.marketingkami.net. Penggagas, developer dan moderator di www.olinklist.com

My Friends [Do follow blog, Self List Link and Banner Friends]

Share to Facebook Share to Twitter Stumble It More...