Langsung ke konten utama

Sejarah CorelDraw

History of CorelDraw


CorelDraw 11


Designer mana yang nggak kenal aplikasi garfis vector ini?
Its true, CorelDraw adalah sebuah aplikasi vector graphic editor. Yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation Ottawa, Kanada.Aplikasi ini sangat di miniati sekali oleh para designer untuk membuat Vector Art design.
Seperti logo perusahaan, icon dekstop, icon program, banner, Stancel Photos, Theme Picture T-shirt, basic sketch grafity, cover, print Ads, dan masih banyak lagi.


Bermula pada tahun 1985, yaitu Dr. Michael Cowpland salah seorang staf dari Corel Corporation Ottawa, yang memulai menjual produk Corel pada Intel Based desktop publishing systems.

Akhirnya ahun 1987, Corel memperkerjakan teknisi software yaitu Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk mengembangkan sebuah program ilustrasi dasar vektor untuk disatukan dengan system publishing desktop tersebut. Lalu rogram CorelDRAw dirilis tahun 1989.

CorelDRAW menjadi program bawaan Microsoft Window 3.1. Fakta yang terdapat dalam TrueType dalam Windows 3.1 merubah. CorelDRAW benar-benar menjadi sebuah program ilustrasi yang dapat menggunakan Sitem instalasi lainnya tanpa rekomendasi aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Type Manager.

"CorelDRAW Graphics Suite"



CorelDraw X3


Banyak jenis dan versi produk CorelDraw, dari tahun ke tahun Corel memang selalu update, selain itu banyak pula komponen-komponen yang di kembangkan dan di masukan ke setiap paket Program Corel pada setiap versinya, namun Corel sendiri sudah memiliki aturan dan ketentuan dasar untuk setiap rilis produk barunya, diantaranya yaitu
Rilis dalam
versi CorelDraw Graphic Suite yang harus di sertakan beberapa program/aplikasi pendukung berikut ini:
PowerTRACE (sebuah bitmap untuk vector graphic converter),
PHOTO-PAINT (sebuah bitmap editor graphic), dan CAPTURE
(sebuah screen capture utility).

CorelDRAW dikembangkan untuk Microsoft Window dan baru saja dijalankan
hanya dalam Windows 2000 dan versi terbaru. Versi yang terbaru adalah X4 (ver.14.0.0.567) pada 23 januari 2008.

Versi Corel untuk Mac OS
dan Linux

Sebenarnya versi-versi untuk Mac OS dan Mac OS X sudah tersedia. Tapi akibat
penjualan yang buruk Corel memutuskan untuk menghentikan produksi dan penjualannya.
Sedangkan program terakhir untuk Linux adalah versi 9 Sudah dirilis tahun 2000, tapi kenyataannya tidak berjalan dengan baik, karena Corel untuk Linux menggunakan modifikasi versi dari dari Wine
untuk menjalankannya, sedangkan versi terakhir untuk OS X adalah versi 11(Release tahun 2001). ini Juga dikembangkan untuk Windows 3.1x dan OS/2.
Versi terbaru CorelDraw X4

Versi terbaru dari CorelDRAw Graphics Suite, adalah X4 (versi
terbaru 14), yang berisi paket-paket berikut :

CorelDRAW: Vector graphics editing software
Corel PHOTO-PAINT: Raster image creation and editing software
Corel CAPTURE: Enables several methods of image-capture
Corel PowerTRACE: Converts raster images to vector graphics
(available inside the CorelDraw program).
Pixmantec RawShooter Essentials: Support for RAW file format

Download versi trialnya:



Keunggulan dari setiap Versi
  • Ver.2 (1991) : Envelove Tool (Untuk memecah teks atau objek menggunakan shape utama), Extrusion (untuk mensimulasi gambar dan volume dalam objek) dan Perspective (Untuk memecah objek sepanjan X dan Y)
  • Ver.3 (1992) : Terdapat Corel PHOTO PAINT* (untuk mengedit bitmap), CorelSHOW (Untuk membuat on-screen presentasion), CorelCHART (untuk Grahic chart), Mosaic dan CorelTRACE (untuk vectorizing bitmaps).
  • Ver. 4 (1993) : Termasuk Corel PHOTO-PAINT* (untuk mengedit bitmap),CorelSHOW (untuk membuat on-screen presentasion), CorelCHART, CorelMOVE, Mosaic dan corelTRACE.
  • Ver. 5 (1994) : Termasuk Corel Ventura
  • Ver.6 (1995) : Termasuk Corel Memo, Corel Presents, Corel Motion 3D, Corel Depth, Corel Multimedia Manager,Corel Font Master dan Corel DREAM.
  • Ver. 7 (1997)
  • Ver. 8 (1998) : Digger selection, Docker windows, Interactive Distortion, 3D, Envelope and tools, Realistic Dropshadow tool, interactive color mixing, color palette editor, guidelines as objects, custome-sized pages, duotone support.
  • Ver.9 (1999) : Ver.10 (2000) :CorelR.A.V.E. (for vector animation), Perfect Shapes, Web graphics tools (for creating interactive elements such as buttons), Page sorter, multilingual document support, navigator window.
  • Ver. 11 (2002) : Symbols library, image slicing (untuk web design), pressure-sensitive vector brushes, 3-point drawing tools.
  • Ver. 12 (2003) : Dynamic guides, Smart Drawing tools, Export to MS Office or Word option, Virtual Segment Delete tool, Unicode text support.
  • Ver. X3 (2006) : Double click Crop tool ( vector software able to crop groups of vectors and bitmap images), Smart fill tool, Chamfer/Fillet/Scallop/Emboss tool, Image Adjustment Lab. Trace.
  • Ver.X4 (2008) : Link didalam CorelDraw, ConceptShare, Table tool, independent page layers, live text formatting, mendukung untuk RAW camera files.
Sampai saat ini CorelDraw menjadi andalan para designer vector, banyak sekali designer-designer khususnya di Indonesia yang mencoba mengeksplorasi ide-ide karyanya lewat CorelDraw. Bisa di bilang CorelDraw adalah aplikasi grafis generic dan bisa menjdi alternatif dari aplikasi vector yang lain misalnya Adobe Ilustrator dan Macromedia Freehand.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah menemukan aplikasi canggih untuk Vector Art design selain CorelDraw? atau CorelDraw versi berapakah yang anda suka?

Postingan populer dari blog ini

Widget Toolbar Blog with JQuery (NavBar Plus)

Widget Toolbar Blog with JQuery (NavBar Plus) untuk blogger (blogspot) ini di buat berawal dari ketertarikan saya untuk mencoba memasang Strip Bar yang di adaptasi dari widget Wordpress dan berlanjut menjadi Menu Plus ala Anime7Graphic. Alhasil menjadikan sebuah Widget sederhana baru yang di beri nama Toolbar Navigasi menu Plus ala Anime7Graphic , widget ini menggunakan JQuery system untuk engine Interface nya dan sedikit improvisation Cascading Style Sheet (CSS). Widget Toolbar Blog with JQuery (NavBar Plus) ini sangat membantu sekali untuk menambahkan fasilitas [pada Blogspot] tambahan secara simple dan pastinya eye catching dan tidak memberatkan loading blog yang kaya akan fasilitas dan fitur. Untuk contohnya silahkan kawan test aja di NavBar blog ini (sejajar dengan navbar default blogspot). Dan untuk cara membuatnya Silahkan lihat kode d bawah! Sebelumnya Download keseluruhan Source Code navbar plus ini. Java Script jQuery versi 1.3.2/lates Thickbox Engine Code (Jika di butu

Animation Visual Effect Video

Halo salam jumpa kembali dengan saya Anime7Graphic. Tak terasa sudah 3 tahun berlalu blog ini berdiri tegap dengan visitor dari kalangan yang beragam. Terimakasih kawan kawan masih sudi mampir kesini walaupun dengan konten yang alakadarnya. Kali ini saya akan sedikit mengulas beberapa informasi mengenai penggunaan Animation Visual Effect Video sebagai salah satu cara explorasi kreatif dalam produksi konten video dan motion graphic, yups saya sudah sertakan contoh dan beberapa tutorial nya. (ada sekitar 25 web tutorial dan tips membuat effect untuk clip)

Download Photoshop Brush 2011

Halo kawan kawan pecinta design dan photoshop ? Semoga hari ini dan seterusnya diberikan kesehatan dan ide-ide brilliant untuk tetap berkarya. Akhirnya hari ini saya bisa menunaikan janji saya kepada kawan-kawan yang request di komentar artikel sebelumnya Download Brush Photoshop satu , dua dan tiga tentang download brush photoshop.