Langsung ke konten utama

10 Aturan Membuat Pamflet

10 Aturan Membuat Pamflet Yang Baik dan Menarik
Introducing:

Biasanya kita sering melihat ada tempelan gambar di sebuah dinding toko, pinggir jalan, Tiang listrik, di area sekolah/kampus, bahkan di Toilet mall sekalipun pasti anda sudah pernah melihat.
"agak ngotot dan maksa, hehehe :)"

Terkadang kita mengacuhkan atau sebaliknya kita tertarik untuk membacanya.

Tak jarang beberapa pamflet yang beredar yang kita lihat ada yang sekedar menjadi hiasan di dinding maupun jadi sampah sekalipun. Menurut saya semua tergantung dari komposisi pamflet yang di buat oleh seorang disainernya. Kadang-kadang sebuah disain itu di ciptakan hanya sekedar mengejar deadline atau praktisnya saja. Memang tidak mudah membuat sebuah gambar statis yang bisa menarik perhatian seseorang hingga orang tersebut mau beranjak melihat kertas tipis warna-warni penuh kata-kata dan informasi publikasi, bahkan dia sampai rela menghabiskan waktunya beberapa detik/menit bahkan berjam-jam hanya untuk melihat isi dan gambar dari pamflet tersebut.


Untuk itu saya akan memberikan beberapa tips untuk anda yang sukan membuat/mendisain pamflet, agar desain anda tidak diremehkan orang atau “audience”.:D


Adapun beberapa aturan mendasar tentang teknik membuat disain pamflet:

  • Persiapkan konsep sebelum membuat disain, buat beberapa cadangan konsep dengan melakukan brain storming terlebih dahulu agar ide-ide banyak bermunculan. Setelah itu masukan ke dalam kategori tema atau nuansa yang akan kita tuangkan pada setiap disain dari hasil brainstorming tadi
  • Siapkan peralatan desain se efektif mungkin, gunakan sketch paper, mistar dan alat pendukung menggambar lainnya, sedangkan jika anda seorang disainer media digital maka anda harus siapkan komputer anda terlebih dahulu, cek komputer dari infeksi virus, cek kapasitas hardisk, dan bersihkan registry komputer anda. Mengapa harus membersihkan registry?

Karena kebanyakan software grafis menggunakan memori yang memberikan temporary document file kepada komputer secara terus menerus dan juga software grafis menggunakan system recovery backup setelah auto save, untuk itu kita harus siaga karena sewaktu-waktu komputer dan program grafis bisa “hang” dan membuat pekerjaan kita terganggu lebih-lebih jika “system crashing” bisa-bisa file yang kita kerjakan ikut-ikutan crash/rusak volume file nya.

  • Selanjutnya tentukan layout yang akan kita gunakan, layout tersebut harus sesuai dengan tema informasi yang akan di publikasikan dan juga layout tersebut harus di sesuaikan dengan lokasi penempelan/penempatan pamflet tersebut.
  • Gunakan warna yang sesuai untuk kenyamanan pembaca. Tidak bertele-tele, dan seimbang antara layout bagian bawah, atas dan samping kiri kanan. Terutama untuk rubrik yang isinya informasi berbobot.
  • Tentukan penggunaan spasi yang tepat. Tidak terlalu jarang, tidak juga terlalu dekat.
  • Pemakaian Allignment. Jika satu judul ada di tengah, maka semua judul pada satu halaman sebaiknya ada pada posisi tengah.
  • Gambar yang baik adalah gambar yang bisa menjelaskan sebuah informasi secara global untuk pembacanya. Sebaiknya jangan meletakkan informasi di atas gambar yang penting. Buatlah penempatan posisi agar pembaca melihat gambarnya terlebih dahulu.
  • Gunakan elemen-elemen disain seunik dan se minimalis mungkin, agar disain yang kita buat mempunyai daya tarik tersendiri.
  • Buat 3-5 sample disain pamflet agar kita bisa menilai mana yang lebih layak dan masuk kriteria sesuai dengan isi dan komposisi tema sebuah publikasi informasi pamflet tersebut
  • Cek dan mintalah komentar terlebih dahulu kepada teman/saudara/pihak yang terkait untuk hasil disain tersebut sebelum di cetak masal dan disebarkan agar tidak terjadi kekeliruan pada hasil akhir perancangan/pembuatan disain.

Note:

Jenis disain yang baik :t

Sebuah gambar adalah sebuah elemen pendukung yang membuat audience tertarik, atau bisa dikatakan sebagai hiasan daya tarik yang memilki makna. Walaupun audience tersebut belum selesai membacanya, audience akan mengerti isi pesan dan informasi hanya dengan melihat gambarnya saja,.“Jika selama tiga detik setelah selesai melihat gambar atau disain, audience tidak lupa, maka gambar atau disain itu bagus dan efektif. Dan Jika selama tiga detik setelah melihat gambar atau disain, audience tidak dapat menangkap informasi apa-apa, maka gambar atau disain tersebut dikatakan tidak efektif atau gagal.”

ini adalah beberapa contoh layout pamflet yang saya buat:


(1)

Pamflet Sederhana ini saya buat untuk publikasi tentang tutorial design. Konsepnya hanya memfokuskan pada informasinya saja dengan menampilkan beberapa sample gambar

(2)

Teman saya meminta untuk di buatkan sebuah pamflet ketika dia mengadakan sebuah acara teater show dari "Teater Patih" (Bandung). Lumayan kok hasilnya. Hehehe...

(3)

Pamflet merah ini adalah publikasi usaha saya. Namun isi nya agak membutuhkan pemikiran. Saya sengaja memberikan tulisan lebih banyak ketimbang gambarnya, kenapa?karena saya lebih memfokuskan pada informasinya, dan kebetulan usaha ini baru saya jalani jadi kata-katanya agak proaktif. Hehehe...:D

(4)


Yang ini adalah pamflet Festival Band, iseng - iseng bikin eh lumayan kepake juga sama temen - temen Panitia, tapi sayang nya acara ini di batalkan karena alasan perijinan, hmmm sedih juga tapi mau bagaimana lagi?

Bagaimana disain saya menurut anda?
Jangan lupa ya kasih komentarnya.

Download kumpulan sample pamflet:


Postingan populer dari blog ini

Widget Toolbar Blog with JQuery (NavBar Plus)

Widget Toolbar Blog with JQuery (NavBar Plus) untuk blogger (blogspot) ini di buat berawal dari ketertarikan saya untuk mencoba memasang Strip Bar yang di adaptasi dari widget Wordpress dan berlanjut menjadi Menu Plus ala Anime7Graphic. Alhasil menjadikan sebuah Widget sederhana baru yang di beri nama Toolbar Navigasi menu Plus ala Anime7Graphic , widget ini menggunakan JQuery system untuk engine Interface nya dan sedikit improvisation Cascading Style Sheet (CSS). Widget Toolbar Blog with JQuery (NavBar Plus) ini sangat membantu sekali untuk menambahkan fasilitas [pada Blogspot] tambahan secara simple dan pastinya eye catching dan tidak memberatkan loading blog yang kaya akan fasilitas dan fitur. Untuk contohnya silahkan kawan test aja di NavBar blog ini (sejajar dengan navbar default blogspot). Dan untuk cara membuatnya Silahkan lihat kode d bawah! Sebelumnya Download keseluruhan Source Code navbar plus ini. Java Script jQuery versi 1.3.2/lates Thickbox Engine Code (Jika di butu

Animation Visual Effect Video

Halo salam jumpa kembali dengan saya Anime7Graphic. Tak terasa sudah 3 tahun berlalu blog ini berdiri tegap dengan visitor dari kalangan yang beragam. Terimakasih kawan kawan masih sudi mampir kesini walaupun dengan konten yang alakadarnya. Kali ini saya akan sedikit mengulas beberapa informasi mengenai penggunaan Animation Visual Effect Video sebagai salah satu cara explorasi kreatif dalam produksi konten video dan motion graphic, yups saya sudah sertakan contoh dan beberapa tutorial nya. (ada sekitar 25 web tutorial dan tips membuat effect untuk clip)

Seni Poster dan Design Pamflet

Kedengarnya sangat serius jika kita bicara tentang Seni Poster dan Design Pamflet sebagai salah satu apresiasi dari kreatifitas para awak media. Tidak seperti pembahasan poster yang dulu sempat saya muat di blog ini ( 10-aturan-membuat-pamflet-yang-baik ). Padahal dari situlah awal mula nya media poster menjadi faktor pendukung penting di bidang Industri, agama, politik dan sosial di seluruh dunia berkembang pesat hingga sekarang. Dalam Kaca Mata Sejarah: Tercatat beberapa dekade seniman poster dan pamflet menjadi elemen penting dalam perubahan dan peradaban dunia sehingga melahirkan beberapa presepsi akan deskripsi poster dilihat dari sudut pandang seni murni (art), industri dan ekonomi, politik juga sosial. Dimulai ketika sebelum Perang Dunia 1 dan 2 saat para seniman di eropa nan jauh disana memulai sebuah penemuan baru yang dijadikan alat propaganda politik di sela sela fase sejarah Perang Dunia satu dan dua.