Mohon Perhatian!

Dikarenakan terjadi beberapa kesahalan code, silahkan setelah membuka read more article dan keluar kotak komentar lakukan stop load (tanda silang di browser samping refresh).
Saya mohon maaf atas ketidak nyamanan kawan kawan blogger yang mampir kesini.
Terimakasih

23 April 2008

Advertising of the World


23 April 2008

Ibu saya berkata "Fan pindahin dong chanel TV nya, bosen dari tadi iklan melulu, apa gak ada tontonan yang bagus gitu selain iklan"(in sundanes language).

Berikut adalah kutipan ucapan ibu saya waktu saya pulang kampung bulan kemarin. Meskipun saya sekolah di jurusan periklanan FIKOM UNPAD Jatinagor Jabar tapi sampai saat ini saya belum bisa menjelaskan dengan baik kepada ibu saya atas pernyataan di atas tadi.

Dalam satu hari sekarang ini di acara-acara TV banyak sekali part time dari jadwal acara yang sering di sisipi iklan. Baik itu promosi produk maupun sekedar numpang lewat saja. Di Indonesia pun kini sudah marak di jumpai sekolah-sekolah atau universitas yang memiliki jurusan Periklanan (advertising chollage), sehingga hal ini menyebabkan banyaknya SDM yang berkompeten di bidang Advertising. Banyak pula Agency dan Production House yang bergerak di bidang Advertising. Maka tak heran lagi bahwa negara Indonesia memiliki pemasukan dana (income) yang lumayan besar dari perusahaan pengiklan dan pembuat iklan, Kata dosen saya sih untuk tahun 2010 perusahaan-perusahaan di Indonesia sudah menyiapkan dana untuk pembelanjaan/pembuatan hingga pasca produksi pembuatan iklan kira-kira 300Milyar dari akumulasi total perusahaan, dan itu akan mereka berikan kepada advertising agency pilihan mereka untuk berkenan mengolahnya menjadi senjata untuk membuat alat/media promosi produk kepada masyarakat dan calon pembeli produk perusahaan tersebut. Salah atau atau tidak itu tidak bisa kita lihat dari satu sudut pandang saja, perlu pengkajian khusus untuk meneliti keadaan tersebut. Meskipun begitu bukan berarti masalah besar yang akan Indonesia hadapi tapi ini adalah suatu perubahan atau prospek positif untuk ke depannya, kenapa?karena dengan semakin maraknya para pengiklan dan agency iklan membuat adanya suatu kompetisi di dunia iklan yang akan menimbulkan sebuah iklim dan budaya perekonomian baru di Indonesia. Kita hanya bisa merasakan dampaknya setelah beberapa tahun ke depan. Buruk atau tidaknya dampak yang akan dirasakan itu tergantung dari bangsa Indonesianya sendiri.

 

About

Foto saya
Seorang pemuda Indonesia biasa yang terlanjur berkecimpung di dunia digital seperti Web Designer freelance, Digital Imaging Design, Menulis artikel di Blog www.medialiterasi.co.cc, moderator di www.marketingkami.net. Penggagas, developer dan moderator di www.olinklist.com

My Friends [Do follow blog, Self List Link and Banner Friends]

Share to Facebook Share to Twitter Stumble It More...