Langsung ke konten utama

Seni Poster dan Design Pamflet

seni-poster-design-pamflet

Kedengarnya sangat serius jika kita bicara tentang Seni Poster dan Design Pamflet sebagai salah satu apresiasi dari kreatifitas para awak media. Tidak seperti pembahasan poster yang dulu sempat saya muat di blog ini (10-aturan-membuat-pamflet-yang-baik).
Padahal dari situlah awal mula nya media poster menjadi faktor pendukung penting di bidang Industri, agama, politik dan sosial di seluruh dunia berkembang pesat hingga sekarang.

Dalam Kaca Mata Sejarah:
Tercatat beberapa dekade seniman poster dan pamflet menjadi elemen penting dalam perubahan dan peradaban dunia sehingga melahirkan beberapa presepsi akan deskripsi poster dilihat dari sudut pandang seni murni (art), industri dan ekonomi, politik juga sosial.
Dimulai ketika sebelum Perang Dunia 1 dan 2 saat para seniman di eropa nan jauh disana memulai sebuah penemuan baru yang dijadikan alat propaganda politik di sela sela fase sejarah Perang Dunia satu dan dua.


Bahkan ada sebuah otorisasi dan monopoli terjadi karena dampak yang di hasilkan oleh media poster dan pamflet melebihi proses pencucian otak ala militerisme ataupun propaganda dari golongan pemuka agama di eropa dan tentunya tanpa ada unsur paksaan sama sekali.

Dalam sejarah media poster dan pamflet ini menggeliat beriringan dengan munculnya pers dan jurnalis. Tak bisa di pungkiri efek dari metode visualisasi media ini menambah suatu kekuatan baru dalam strategi publikasi informasi bahkan Indonesia pun ikut serta dari segi aplikatif juga implementasi nya pada zaman Soekarno,
(lihat di sini)

Melirik Sejarah Poster Lebih Spesifik:
Kota Paris Perancis di akhir abad 19 hingga beberapa dekade awal abad 20, yang menjadi pusat perkembangan poster modern.
Penulis Perancis Guillaume Apollinaire menggambarkan hubungan berbagai jenis publikasi modern dan kehidupan Kota Paris masa itu.

Awalnya, ini dipicu oleh perkembangan teknik cetak warna litografi yang sudah berkembang sejak abad 18.
Seniman cetak grafis Jules Cheret dengan litografi multiwarnanya membangkitkan gairah seniman sezamannya untuk menjelajahi kemungkinan baru dalam seni poster.

Pamflet dan poster sebelum inovasi Cheret kebanyakan hanya berukuran kecil dan dipenuhi teks.
Cheret mengubah semua itu: poster menjadi sangat pictorial, didominasi gambar dan teks jadi menciut porsinya. Tapi, tentu saja ada gerak sosio-ekonomi, faktor yang lebih mendasar, yang ikut mendorong perkembangan seni poster ini.

Sejak akhir abad ke-19, industrialisasi memicu produksi barang-barang konsumsi, tempat berpijak jasa periklanan modern. Melalui karya-karya Henri de Toulouse-Lautrec, seni poster ikut mengisi khazanah perkembangan seni rupa modern Barat sampai paruh awal abad ke-20.
Poster karyanya untuk panggung hiburan Moulin RougĂȘ' (1898) dengan stilisasi sosok gemulai artis Jane Avril, dengan warna cerah dalam bidang-bidang lebar, dianggap memberi pembaruan pada poster: masuknya cita rasa artistik seni rupa modern ke dalam bidang komunikasi massa dan niaga. (dikutip dari arakan lebah )

Mengintip Literasi Poster dari Segi Bahasa:
Kata "poster" adalah berasal dari kata "to post" yang memiliki arti menempelkan.
Sebagai kata benda berarti post (surat).
Poster dapat diartikan tukang menempelkan surat pengumuman atau tempelan itu sendiri.8 Selain itu
"poster" menurut Graphics Art Encyclopedia berarti:
A large display sign of product or scene, printed on a board or fine paper, depending on the nse. These large placards are nsed for sales promotion dan to make announcement ofactivity that are ofinterst to a large number ofpeople. They are versatile communication tools with many uses.


Nostalgia Karya Poster Djaman Doeloe:
Saya sudah mempersiapkan beberapa contoh karya poster yang di produksi pada zaman dulu sebelum datang nya teknologi modern.

Mari kita sedikit melayangkan angan untuk bernostalgia dengan poster.

Poster iklan balsem (Indonesia)


Poster iklan sanggul (Indonesia)


Poster iklan jam tangan (Indonesia)


Poster perekrutan tentara (Inggris)


Poster Bung Karno (Indonesia)

Tali Simpul dari Author:
Kita di sini hanya sedikit berkenalan dengan Seni Poster dan Design Pamflet. Saya sebagai author artikel di sini hanya memberikan sebuah pandangan umum dan paling mendasar tentang media tersebut.

Jika kebetulan kawan kawan berasal dari sekolah desain grafis, maka tak akan asing dengan cerita yang saya sampaikan di sini, karena setau saya dalam dunia seni grafis digital dan visual atau D.K.V kebanyakan para dosen praktisi memberikan sebuah intermezo mengenai sejarah dan asal muasal desain yang lahir dari perkawinan silang (baca: mix concept) antara seni rupa dengan industri.
(mohon ralat jika kurang tepat)

Bahan bahan teori yang mungkin dibutuhkan kawan kawan:
  1. PDF riset poster
  2. Sejarah Poster dan Pamflet
Thanks Mas Prajnamu (DKV UNPAS) untuk referensi nya,
dan Mang Dacol (Foto Gallery) untuk source image dari hardisk nya.

Akhir kata saya ucapkan selamat menikmati dan jangan lupa beri komentar.
Keep Blogging dan salam Blogger.

Postingan populer dari blog ini

Widget Toolbar Blog with JQuery (NavBar Plus)

Widget Toolbar Blog with JQuery (NavBar Plus) untuk blogger (blogspot) ini di buat berawal dari ketertarikan saya untuk mencoba memasang Strip Bar yang di adaptasi dari widget Wordpress dan berlanjut menjadi Menu Plus ala Anime7Graphic. Alhasil menjadikan sebuah Widget sederhana baru yang di beri nama Toolbar Navigasi menu Plus ala Anime7Graphic , widget ini menggunakan JQuery system untuk engine Interface nya dan sedikit improvisation Cascading Style Sheet (CSS). Widget Toolbar Blog with JQuery (NavBar Plus) ini sangat membantu sekali untuk menambahkan fasilitas [pada Blogspot] tambahan secara simple dan pastinya eye catching dan tidak memberatkan loading blog yang kaya akan fasilitas dan fitur. Untuk contohnya silahkan kawan test aja di NavBar blog ini (sejajar dengan navbar default blogspot). Dan untuk cara membuatnya Silahkan lihat kode d bawah! Sebelumnya Download keseluruhan Source Code navbar plus ini. Java Script jQuery versi 1.3.2/lates Thickbox Engine Code (Jika di butu

Animation Visual Effect Video

Halo salam jumpa kembali dengan saya Anime7Graphic. Tak terasa sudah 3 tahun berlalu blog ini berdiri tegap dengan visitor dari kalangan yang beragam. Terimakasih kawan kawan masih sudi mampir kesini walaupun dengan konten yang alakadarnya. Kali ini saya akan sedikit mengulas beberapa informasi mengenai penggunaan Animation Visual Effect Video sebagai salah satu cara explorasi kreatif dalam produksi konten video dan motion graphic, yups saya sudah sertakan contoh dan beberapa tutorial nya. (ada sekitar 25 web tutorial dan tips membuat effect untuk clip)

Download Photoshop Brush 2011

Halo kawan kawan pecinta design dan photoshop ? Semoga hari ini dan seterusnya diberikan kesehatan dan ide-ide brilliant untuk tetap berkarya. Akhirnya hari ini saya bisa menunaikan janji saya kepada kawan-kawan yang request di komentar artikel sebelumnya Download Brush Photoshop satu , dua dan tiga tentang download brush photoshop.