Mohon Perhatian!

Dikarenakan terjadi beberapa kesahalan code, silahkan setelah membuka read more article dan keluar kotak komentar lakukan stop load (tanda silang di browser samping refresh).
Saya mohon maaf atas ketidak nyamanan kawan kawan blogger yang mampir kesini.
Terimakasih

15 Januari 2011

Seni Poster dan Design Pamflet


15 Januari 2011

seni-poster-design-pamflet

Kedengarnya sangat serius jika kita bicara tentang Seni Poster dan Design Pamflet sebagai salah satu apresiasi dari kreatifitas para awak media. Tidak seperti pembahasan poster yang dulu sempat saya muat di blog ini (10-aturan-membuat-pamflet-yang-baik).
Padahal dari situlah awal mula nya media poster menjadi faktor pendukung penting di bidang Industri, agama, politik dan sosial di seluruh dunia berkembang pesat hingga sekarang.

Dalam Kaca Mata Sejarah:
Tercatat beberapa dekade seniman poster dan pamflet menjadi elemen penting dalam perubahan dan peradaban dunia sehingga melahirkan beberapa presepsi akan deskripsi poster dilihat dari sudut pandang seni murni (art), industri dan ekonomi, politik juga sosial.
Dimulai ketika sebelum Perang Dunia 1 dan 2 saat para seniman di eropa nan jauh disana memulai sebuah penemuan baru yang dijadikan alat propaganda politik di sela sela fase sejarah Perang Dunia satu dan dua.


Bahkan ada sebuah otorisasi dan monopoli terjadi karena dampak yang di hasilkan oleh media poster dan pamflet melebihi proses pencucian otak ala militerisme ataupun propaganda dari golongan pemuka agama di eropa dan tentunya tanpa ada unsur paksaan sama sekali.

Dalam sejarah media poster dan pamflet ini menggeliat beriringan dengan munculnya pers dan jurnalis. Tak bisa di pungkiri efek dari metode visualisasi media ini menambah suatu kekuatan baru dalam strategi publikasi informasi bahkan Indonesia pun ikut serta dari segi aplikatif juga implementasi nya pada zaman Soekarno,
(lihat di sini)

Melirik Sejarah Poster Lebih Spesifik:
Kota Paris Perancis di akhir abad 19 hingga beberapa dekade awal abad 20, yang menjadi pusat perkembangan poster modern.
Penulis Perancis Guillaume Apollinaire menggambarkan hubungan berbagai jenis publikasi modern dan kehidupan Kota Paris masa itu.

Awalnya, ini dipicu oleh perkembangan teknik cetak warna litografi yang sudah berkembang sejak abad 18.
Seniman cetak grafis Jules Cheret dengan litografi multiwarnanya membangkitkan gairah seniman sezamannya untuk menjelajahi kemungkinan baru dalam seni poster.

Pamflet dan poster sebelum inovasi Cheret kebanyakan hanya berukuran kecil dan dipenuhi teks.
Cheret mengubah semua itu: poster menjadi sangat pictorial, didominasi gambar dan teks jadi menciut porsinya. Tapi, tentu saja ada gerak sosio-ekonomi, faktor yang lebih mendasar, yang ikut mendorong perkembangan seni poster ini.

Sejak akhir abad ke-19, industrialisasi memicu produksi barang-barang konsumsi, tempat berpijak jasa periklanan modern. Melalui karya-karya Henri de Toulouse-Lautrec, seni poster ikut mengisi khazanah perkembangan seni rupa modern Barat sampai paruh awal abad ke-20.
Poster karyanya untuk panggung hiburan Moulin RougĂȘ' (1898) dengan stilisasi sosok gemulai artis Jane Avril, dengan warna cerah dalam bidang-bidang lebar, dianggap memberi pembaruan pada poster: masuknya cita rasa artistik seni rupa modern ke dalam bidang komunikasi massa dan niaga. (dikutip dari arakan lebah )

Mengintip Literasi Poster dari Segi Bahasa:
Kata "poster" adalah berasal dari kata "to post" yang memiliki arti menempelkan.
Sebagai kata benda berarti post (surat).
Poster dapat diartikan tukang menempelkan surat pengumuman atau tempelan itu sendiri.8 Selain itu
"poster" menurut Graphics Art Encyclopedia berarti:
A large display sign of product or scene, printed on a board or fine paper, depending on the nse. These large placards are nsed for sales promotion dan to make announcement ofactivity that are ofinterst to a large number ofpeople. They are versatile communication tools with many uses.


Nostalgia Karya Poster Djaman Doeloe:
Saya sudah mempersiapkan beberapa contoh karya poster yang di produksi pada zaman dulu sebelum datang nya teknologi modern.

Mari kita sedikit melayangkan angan untuk bernostalgia dengan poster.

Poster iklan balsem (Indonesia)


Poster iklan sanggul (Indonesia)


Poster iklan jam tangan (Indonesia)


Poster perekrutan tentara (Inggris)


Poster Bung Karno (Indonesia)

Tali Simpul dari Author:
Kita di sini hanya sedikit berkenalan dengan Seni Poster dan Design Pamflet. Saya sebagai author artikel di sini hanya memberikan sebuah pandangan umum dan paling mendasar tentang media tersebut.

Jika kebetulan kawan kawan berasal dari sekolah desain grafis, maka tak akan asing dengan cerita yang saya sampaikan di sini, karena setau saya dalam dunia seni grafis digital dan visual atau D.K.V kebanyakan para dosen praktisi memberikan sebuah intermezo mengenai sejarah dan asal muasal desain yang lahir dari perkawinan silang (baca: mix concept) antara seni rupa dengan industri.
(mohon ralat jika kurang tepat)

Bahan bahan teori yang mungkin dibutuhkan kawan kawan:
  1. PDF riset poster
  2. Sejarah Poster dan Pamflet
Thanks Mas Prajnamu (DKV UNPAS) untuk referensi nya,
dan Mang Dacol (Foto Gallery) untuk source image dari hardisk nya.

Akhir kata saya ucapkan selamat menikmati dan jangan lupa beri komentar.
Keep Blogging dan salam Blogger.

 

About

Foto saya
Seorang pemuda Indonesia biasa yang terlanjur berkecimpung di dunia digital seperti Web Designer freelance, Digital Imaging Design, Menulis artikel di Blog www.medialiterasi.co.cc, moderator di www.marketingkami.net. Penggagas, developer dan moderator di www.olinklist.com

My Friends [Do follow blog, Self List Link and Banner Friends]

Share to Facebook Share to Twitter Stumble It More...