Mohon Perhatian!

Dikarenakan terjadi beberapa kesahalan code, silahkan setelah membuka read more article dan keluar kotak komentar lakukan stop load (tanda silang di browser samping refresh).
Saya mohon maaf atas ketidak nyamanan kawan kawan blogger yang mampir kesini.
Terimakasih

15 Mei 2008

Membuat Iklan Cetak


15 Mei 2008

Iklan cetak (print ads) yang efektif


Apakah iklan cetak yang ada di koran, majalah, baligo, billboard sudah efektif?
Beberapa designer dan art director profesional (tim kreatif) yang biasa mengeksekusi sebuah iklan cetak mungkin sudah tahu dan terbiasa tentang bagaimana teknis yang baik untuk menjadikan iklan tersebut menjadi efektif.
Tapi bagaimana dengan kita? sebagai amatir yang baru mejalani sebuah pekerjaan sebagai pembuat iklan khususnya iklan cetak?

Sebetulnya bisa designer terapkan jika kita mau menggali lebih dalam.

Tidak ada batasan pengalaman yang khusus untuk seorang designer dalam keahliannya, bahkan jika berminat seorang designer harus lebih termotifasi untuk mencoba berbagai teknik dalam cara pandang dan berfikir yang berbeda.

Mmmh :t sepertinya bahasanya terlalu berat dan bertele-tele :D, tapi memang untuk mengerjakan sebuah iklan cetak yang efektif kita harus lebih teliti karena beban tanggung jawabnya besar. Jika tidak begitu klien (perusahaan produk) akan kecewa, dan urusannya repot.

Di bawah ini adalah cara agar iklan cetak akan menjadi efektif:
  • Tampilkan inti pesan pada judul iklan.
  • Gunakan judul sebaik mungkin untuk menonjolkan produk.
  • Tawarkan keuntungan di dalam judul.
  • Masukan sebuah berita yang berkaitan dengan produk di dalam judul.
  • Janganlah takut dengan judul yang panjang.
  • Hindari judul negatif: gunakan kata-kata emosional yang memotivasi.
  • Temukan daya tarik cerita (story appeal) di dalam ilustrasi sebuah iklan.
  • Sebetulnya pemakaian ilustrasi dari foto lebih baik dari gambar, tapi kalau foto yang kita inginkan tidak sesuai dengan tema iklan maka gambar dari design sendiri sah-sah saja, tergantung dari kebutuhan.
  • Gunakan tata letak dan komposisi sederhana.
  • Jangan takut menggunakan kopi yang panjang: apalagi produknya mahal, seperti mobil.
  • Jangan terlalu mengkhawatirkan kesempurnaan isi kopi, yang penting kesan keseluruhan: jelas dan akurat.
  • Iklan testimonial menuntut dapat dipercaya: coba kutip dari kasus bersejarah.
  • Hindari cara bicara manufacturer (untuk iklan komersial).
  • Jangan print kopi iklan dalam bentuk terbalik (reverse type).
  • Dalam iklan promosi, usahakan jual promosinya dulu (untuk iklan komersial).
  • Gunakanlah kupon konvensional dalam posisi konvensional (di sudut kanan bawah (untuk iklan komersial)).
  • Dalam iklan korporasi, tawarkan jasa: menjawab pertanyaan apa, mengapa, dan konsumen harus melakukan apa.
  • Buatlah setiap iklan sebagai penjualan lengkap promosi suatu produk tersebut (untuk iklan komersial).
  • Iklan tersebut harus berupa himbauan dan ajakan (untuk ILM)
  • Buatlah tema iklan tersebut se Nyentrik mungkin (jika menekankan ke gaya cerita dan gaya grafisnya)

Sebuah iklan (cetak) akan efektif jika seluruh aspek dan elemen pendukung dalam produksi dan rancangan nya telah memenuhi syarat aturan yang baik.

Semoga bermanfaat.

Di bawah ini adalah beberapa contoh iklan cetak yang saya buat:




Iklan Tentang Global Warming
Judulnya adalah Slow Down Global Warming
Design&Copywriter: Ofan Sofandani
Jenis:Iklan Layanan Masyarakat



Iklan Tentang Promosi Jurusan Periklanan Fikom UNPAD
Judulnya adalah Like a Methamorfosa
Design&Copywriter: Ofan Sofandani
Jenis:Iklan Informasi Pendidikan

Berikut ini adalah iklan dari perusahaan/organisasi lain:




Iklan Tentang Promosi Produk Spare Parts Honda
Judulnya adalah Use Original Parts
Jenis:Iklan Komersial




Iklan Tentang Global Warming
Judulnya adalah Hand
Jenis:Iklan Layanan Masyarakat

 

About

Foto saya
Seorang pemuda Indonesia biasa yang terlanjur berkecimpung di dunia digital seperti Web Designer freelance, Digital Imaging Design, Menulis artikel di Blog www.medialiterasi.co.cc, moderator di www.marketingkami.net. Penggagas, developer dan moderator di www.olinklist.com

My Friends [Do follow blog, Self List Link and Banner Friends]

Share to Facebook Share to Twitter Stumble It More...