Langsung ke konten utama

Membuat Iklan Cetak

Iklan cetak (print ads) yang efektif

Apakah iklan cetak yang ada di koran, majalah, baligo, billboard sudah efektif?
Beberapa designer dan art director profesional (tim kreatif) yang biasa mengeksekusi sebuah iklan cetak mungkin sudah tahu dan terbiasa tentang bagaimana teknis yang baik untuk menjadikan iklan tersebut menjadi efektif.
Tapi bagaimana dengan kita? sebagai amatir yang baru mejalani sebuah pekerjaan sebagai pembuat iklan khususnya iklan cetak?

Sebetulnya bisa designer terapkan jika kita mau menggali lebih dalam.

Tidak ada batasan pengalaman yang khusus untuk seorang designer dalam keahliannya, bahkan jika berminat seorang designer harus lebih termotifasi untuk mencoba berbagai teknik dalam cara pandang dan berfikir yang berbeda.

Mmmh :t sepertinya bahasanya terlalu berat dan bertele-tele :D, tapi memang untuk mengerjakan sebuah iklan cetak yang efektif kita harus lebih teliti karena beban tanggung jawabnya besar. Jika tidak begitu klien (perusahaan produk) akan kecewa, dan urusannya repot.

Di bawah ini adalah cara agar iklan cetak akan menjadi efektif:
  • Tampilkan inti pesan pada judul iklan.
  • Gunakan judul sebaik mungkin untuk menonjolkan produk.
  • Tawarkan keuntungan di dalam judul.
  • Masukan sebuah berita yang berkaitan dengan produk di dalam judul.
  • Janganlah takut dengan judul yang panjang.
  • Hindari judul negatif: gunakan kata-kata emosional yang memotivasi.
  • Temukan daya tarik cerita (story appeal) di dalam ilustrasi sebuah iklan.
  • Sebetulnya pemakaian ilustrasi dari foto lebih baik dari gambar, tapi kalau foto yang kita inginkan tidak sesuai dengan tema iklan maka gambar dari design sendiri sah-sah saja, tergantung dari kebutuhan.
  • Gunakan tata letak dan komposisi sederhana.
  • Jangan takut menggunakan kopi yang panjang: apalagi produknya mahal, seperti mobil.
  • Jangan terlalu mengkhawatirkan kesempurnaan isi kopi, yang penting kesan keseluruhan: jelas dan akurat.
  • Iklan testimonial menuntut dapat dipercaya: coba kutip dari kasus bersejarah.
  • Hindari cara bicara manufacturer (untuk iklan komersial).
  • Jangan print kopi iklan dalam bentuk terbalik (reverse type).
  • Dalam iklan promosi, usahakan jual promosinya dulu (untuk iklan komersial).
  • Gunakanlah kupon konvensional dalam posisi konvensional (di sudut kanan bawah (untuk iklan komersial)).
  • Dalam iklan korporasi, tawarkan jasa: menjawab pertanyaan apa, mengapa, dan konsumen harus melakukan apa.
  • Buatlah setiap iklan sebagai penjualan lengkap promosi suatu produk tersebut (untuk iklan komersial).
  • Iklan tersebut harus berupa himbauan dan ajakan (untuk ILM)
  • Buatlah tema iklan tersebut se Nyentrik mungkin (jika menekankan ke gaya cerita dan gaya grafisnya)

Sebuah iklan (cetak) akan efektif jika seluruh aspek dan elemen pendukung dalam produksi dan rancangan nya telah memenuhi syarat aturan yang baik.

Semoga bermanfaat.

Di bawah ini adalah beberapa contoh iklan cetak yang saya buat:




Iklan Tentang Global Warming
Judulnya adalah Slow Down Global Warming
Design&Copywriter: Ofan Sofandani
Jenis:Iklan Layanan Masyarakat



Iklan Tentang Promosi Jurusan Periklanan Fikom UNPAD
Judulnya adalah Like a Methamorfosa
Design&Copywriter: Ofan Sofandani
Jenis:Iklan Informasi Pendidikan

Berikut ini adalah iklan dari perusahaan/organisasi lain:




Iklan Tentang Promosi Produk Spare Parts Honda
Judulnya adalah Use Original Parts
Jenis:Iklan Komersial




Iklan Tentang Global Warming
Judulnya adalah Hand
Jenis:Iklan Layanan Masyarakat

Postingan populer dari blog ini

Widget Toolbar Blog with JQuery (NavBar Plus)

Widget Toolbar Blog with JQuery (NavBar Plus) untuk blogger (blogspot) ini di buat berawal dari ketertarikan saya untuk mencoba memasang Strip Bar yang di adaptasi dari widget Wordpress dan berlanjut menjadi Menu Plus ala Anime7Graphic. Alhasil menjadikan sebuah Widget sederhana baru yang di beri nama Toolbar Navigasi menu Plus ala Anime7Graphic , widget ini menggunakan JQuery system untuk engine Interface nya dan sedikit improvisation Cascading Style Sheet (CSS). Widget Toolbar Blog with JQuery (NavBar Plus) ini sangat membantu sekali untuk menambahkan fasilitas [pada Blogspot] tambahan secara simple dan pastinya eye catching dan tidak memberatkan loading blog yang kaya akan fasilitas dan fitur. Untuk contohnya silahkan kawan test aja di NavBar blog ini (sejajar dengan navbar default blogspot). Dan untuk cara membuatnya Silahkan lihat kode d bawah! Sebelumnya Download keseluruhan Source Code navbar plus ini. Java Script jQuery versi 1.3.2/lates Thickbox Engine Code (Jika di butu

Animation Visual Effect Video

Halo salam jumpa kembali dengan saya Anime7Graphic. Tak terasa sudah 3 tahun berlalu blog ini berdiri tegap dengan visitor dari kalangan yang beragam. Terimakasih kawan kawan masih sudi mampir kesini walaupun dengan konten yang alakadarnya. Kali ini saya akan sedikit mengulas beberapa informasi mengenai penggunaan Animation Visual Effect Video sebagai salah satu cara explorasi kreatif dalam produksi konten video dan motion graphic, yups saya sudah sertakan contoh dan beberapa tutorial nya. (ada sekitar 25 web tutorial dan tips membuat effect untuk clip)

Seni Poster dan Design Pamflet

Kedengarnya sangat serius jika kita bicara tentang Seni Poster dan Design Pamflet sebagai salah satu apresiasi dari kreatifitas para awak media. Tidak seperti pembahasan poster yang dulu sempat saya muat di blog ini ( 10-aturan-membuat-pamflet-yang-baik ). Padahal dari situlah awal mula nya media poster menjadi faktor pendukung penting di bidang Industri, agama, politik dan sosial di seluruh dunia berkembang pesat hingga sekarang. Dalam Kaca Mata Sejarah: Tercatat beberapa dekade seniman poster dan pamflet menjadi elemen penting dalam perubahan dan peradaban dunia sehingga melahirkan beberapa presepsi akan deskripsi poster dilihat dari sudut pandang seni murni (art), industri dan ekonomi, politik juga sosial. Dimulai ketika sebelum Perang Dunia 1 dan 2 saat para seniman di eropa nan jauh disana memulai sebuah penemuan baru yang dijadikan alat propaganda politik di sela sela fase sejarah Perang Dunia satu dan dua.